Dalam rangka Hari Pangan Seduania anak anak TK diajarkan menanam dan memanen sayuran. Anak ‚Äďanak diajak untuk mengolah dan memasak bersama. Sebelum memasak anak ¬†diperkenalkan terlebihdahulu alat – alat dan bahan yang akan digunakan untuk memasak. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok kerja antara lain, kelompok memanen,mencuci sayuran, memotong sayuran, mengupas udang,dan menyiapkan bumbu bumbu yang lainnya.

Tujuan dalam praktek memasak ini agar anak mencintai lingkungan hidup dengan menanam tanaman,membiasakan anak hidup sehat dan makan makanan sehat,dan memberikan pengalaman hidup bagi anak sendiri, bagaimana cara membuat makanan yang sehat sehingga menjadi pengalaman hidup bagi anak yang akan memberikan motivasi anak untuk membantu orang tua dalam memasak dan terbiasa makan makanan yang sehat.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa TK A dan B dengan pendampingan para guru. Hasil dari kegiatan ini anak-anak sangat antusias dan senang melakukan kegiatan memasak.

Dalam rangkah hari pangan sedunia ini orang tua juga mengikuti lomba memasak yang diadakan oleh sekolah menggunakan bahan lokal seperti: ubi, pisang, singkong dan kentang. Semua bahan pokok ini disediakan oleh sekolah dan orang tua hanya menyiapkan alat-alat yang digunakan untuk memasak sesuai dengan kebutuhannya.

Adapun beberapa kepala sekolah dari sekolah strada yang lain, staff cabang dan pengawas diundang untuk menjadi juri dalam perlombaan tersebut. Orang tua sangat antusias dan senang mengikuti perlombaan. Hasil lomba masak tersebut selain untuk bahan penilaian juga menjadi konsumsi anak-anak dan para undangan yang hadir pada perlombaan itu.

Sebarkan artikel ini